Friday 24 October 2014

Analisa Desain Produk Canon PIXMA MP287

Pendahuluan

Di zaman yang serba teknologi ini sudah banyak terjadi perkembangan terutama yang akan dibahas ini yaitu perkembangan printer, yang akan dibahas adalah printer type canon pixma MP287. Perusahaan Canon yang berbasis di Japan sudah tidak asing lagi bagi seluruh orang didunia ini, Perusahaan ini adalah perusahaan yang memproduksi dibidang imaging, diantaranya memproduksi camera, camera digital, printer dll. 


Sekarang ini sudah banyak vendor-vendor printer membuat inovasi di berbagai hal untuk meningkatkan peminat produk mereka. Tidak hanya bersaing di bidang fasilitas atau membuat kelebihan tersendiri dari produk yang dibuat, para vendor juga bersaing di segi harga, ada printer dengan harga low-end dengan fasilitas dan fitur yang lumayan memadai, ada pula yang harganya mid-end tapi fasilitas/ fitur yang biasa-biasa saja, dan pastinya untuk harga yang high-end pasti memberikan fitur/ fasilitas yang baik dan memuaskan. oke jangan berlama-lama langsung aja deh ke inti bahasan kita..

Pengenalan Produk

Canon Pixma MP287 adalah printer multi fungsi keluaran vendor canon, dikatakan multifungsi karena memiliki fitur/ fasilitas yang memadai, diantara printer ini dapat digunakan untuk scan, print, dan photocopy. Dibandingkan kita harus membeli scanner, printer, dan mesin photocopy pastinya akan mengeluarkan biaya yang mahal. Harga canon pixma MP287 itu bisa dikatakan mid-end untuk seorang yang masih duduk dibangku sekolah. Berikut ini spesifikasi dari canon pixma mp287:
Print
• ISO / IEC 24734 standard for print speed
• ISO Standard print speed (ESAT): approx. 8.4ipm mono / approx. 4.8ipm colour
• 2pl (min.) ink droplets and 4800 x 1200dpi (max.) resolution
• 4 x 6″ (4R) borderless photo in approx. 43 secs.
• Capable of printing borderless photos up to A4 size
• ChromaLife 100+ technology – photos can last up to 300 years
• Hybrid system – pigment black ink ensures sharp black text and lines even when printed over an image
Compatible Media :
Size : A4/A5/B5/LTR/4×6″/5×7″
Type : Plain Paper, Photo Paper Plus Glossy II (PP-201), Photo Paper Plus Semi-gloss (SG-201), Glossy Photo Paper “Everyday Use” (GP-501)
Scan
Resolution
-600 x 1200dpi optical
-19200 x 19200dpi selectable
Scanning Bit Depth (Input / Output)
-Grayscale: 16 / 8bit
-Colour: 48 / 24bit (RGB each 16 / 8bit)
Copy
• ISO / IEC 24735 Annex D standard for copy speed
• First Colour Copy Out Time (FCOT): 37 secs.
• Copy speed (Continuous Copy): approx. 2.6 cpm colour
• Reproduces second generation copies accurately with Dual Colour Gamut Processing Technology
Power Consumption
  • approx. 11W print
  • approx. 1.2W standby
Convenient
• Self-opening paper output tray opens automatically at the start of each print job and prevents paper jams
• Quick Start allows you to begin key-operation a few seconds after powering on
• Auto Scan Mode via MP Navigator EX simplifies complicated scanning steps, and automates all document detection, cropping, scanning and saving procedures.
Free Software Sets Your Creativity Free
• NEW Full HD Movie Print:  Capture and print out your favourite moments (only .mov files created by Canon digital cameras)
Jika menggunakan system infus memang sebaiknya setiap hari ada pemakaian printer walaupun hanya 1 lembar untuk terus melancarkan system infus jangan sampai tersumbat karena penggumpalan cairan tinta.
Untuk catrigde Canon Pixma  MP287 menggunakan catridge PG-810 Black / PG-811 Color dengan harga PG 810 sekitar Rp. 150.000,- dan PG 810 XL sekitar Rp. 160.000, untuk warna CL 811 Color sekitar Rp. 185.000,- CL 811XL sekitar Rp. 195.000


Setelah membaca spesifikasi diatas saya akan mereview produk Canon Pixma MP287 ini mulai dari packaging nya. berikut ini review dari printer canon pixma mp287: 

Review Canon Pixma MP287


Gambar diatas adalah gambar dari box Pixma MP28

Ketika kita membeli produk ini, kita akan mendapati box nya dalam keadaan tersegel, dan pada box nya bagian belakang terdapat tanda keaslian dari produk ini.
Selanjutnya ketika kita buka box nya, maka di dalamnya terdapat seprangkat printer beserta pendukung-pendukung printer tersebut.
Diatas adalah gambar dari bentuk printer mp287, jika dilihat pada bagian depan terdapat pembuka keluaran kertas yang di print. Di bagian belakang terdapat tempat masuk kertas atau tempat menaruh
kertas yang akan digunakan untuk dicetak. 


Gambar diatas adalah gambar dari tombol-tombol yang terdapat pada printer canon pixma mp287, pada bagian atas terdapat tombol ON yang berfungsi untuk menghidupkan printer, kemudian layar indikator yang berfungsi untuk menampilkan berapa kali file itu akan di photocopy, kemudian tombol + berfungsi untuk menambahkan berapa kali file itu akan di photocopy dengan maximal yaitu 5, dan jika di tekan  sebanyak 6 kali maka layar indikator akan kembali ke angka 1.
kemudian lampu indiktor alarm yang berfungsi akan berkedip jika terjadi error atau problem, lalu lampu indikator color ink dan black ink, lampu tersebut berfungsi untuk memberi tahu jika tinta warna atau black habis. Selanjutnya terdapat lampu indikator jenis dan ukuran kertas, terdapat pilihan lampu indikator A4 plan paper, A4 photo paper, dan 4"x6" photo paper, untuk memilihnya kita gunakan tombol yang ada di sebelah kanan lampu indikator tersebut.

Kemudian dibawanya tombol bersimbol tang dan obeng, itu digunakan untuk memperbaiki atau meresolve jika terjadi error. kemudian tombol SCAN digunakan untuk menscan dokumen dan otomatis hasil scan akan disimpan di PC, kemudian tombol START Black dan color, berfungsi untuk melakukan photocopy jika ingin memphotocopy dokumen dengan hasil warna hitam saja maka tekan black, dan jika ingin berwarna maka tekan color. dan terakhir adalah tombol stop/reset berfungsi untuk menghentikan proses ketika sedang berlangsung dan jika di tekan lama akan berfungsi untuk me reset printer.

Alasan Terbentuknya Design

1. Printer ini dibuat dengan material utama plastik yang sangat ringan jika diangkat ataupun dibawa dibandingkan dengan material besi yang lebih berat daripada besi.
2. Bagian sudut kiri dan kanan berbentuk melengkung bertujuan agar terlihat menarik dan terlihat simple.
3. Pada bagian belakang terdapat penutup tempat menaruh kertas, bertujuan agar tidak kemasukan debu pada saat tidak dipakai.
4. Pada bagian atas terdapat tempat scan dan photocopy, jika ingin menscan dokumen atau memphotocopy documen tidak terlihat ribet, karena jika ingin menscan dan photocopy kita hanya membuka dan menutup kemudian tekan tombol scan.
6. Pada bagian belakang terdapat port yang berfungsi untuk men plug in dan menghubungkan printer dan PC, terlihat simple karna kita tidak repot-repot mengurusi kabel jika portnya terdapat di samping ataupun di bagian depan printer.
7. Dan yang terakhir adalah letak tombol yang di tempatkan pada bagian kanan atas printer dan tombol dinilai lengkap dan lokasi tombol tidak berjauhan dan tidak terlalu dekat antara tombol yang satu dengan tombol yang lain sehingga terlihat simple dan tidak terlihat ramai.



Sumber:
http://computer.jogjainfo.net/canon-pixma-mp287-printer-tiga-fungsi-bisa-di-infus.html
Gambar:
https://www.google.com/search?q=Canon+Pixma+MP287&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=mjtKVKyLMOSMmwWVuIH4Aw&ved=0CAgQ_AUoAQ&biw=1242&bih=641#facrc=_&imgdii=_&imgrc=Apb3KC0S60Qy6M%253A%3Bp7p-4ZL95SuvjM%3Bhttp%253A%252F%252F76.my%252FUserImages%252FItems%252F1011%252F27%252Feric325%254011.jpg%3Bhttp%253A%252F%252Fimages.1233.tw%252Fcanon-printer-pixma-mp287%252F%3B800%3B600 





1 comment: