Monday 5 January 2015

Project Desain Pemodelan Grafis Game Scratch

1. Nama Project : Si Naga Super vs Si Casper
2. Latar Belakang
Permainan atau game merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok). Game bertujuan sebagai penghilang penat dalam pikiran atau sebagai refresh untuk otak ketika selesai melakukan kegiatan yang membutuhkan banyak pemikiran. Pada project ini adalah untuk membuat game dengan menggunakan software Scratch

Program scratch merupakan bahasa pemprograman baru yang membantu anak-anak dalam membuat cerita interaktif, animasi, dan game. Scratch adalah sebuah bahasa pemrograman untuk lingkungan belajar yang memungkinkan pemula untuk mendapatkan hasil tanpa harus belajar menulis sintaksis yang benar terlebih dahulu. Bahasa pemrograman ini dibuat oleh MIT Media Lab dariMassachusetts Institute of Technology. Dengan Scratch, pengguna dapat membuat animasi, permainan dan lain-lain. Konsep Scratch adalah konsep menyusun blok-blok perintah (visual). Pengguna dapat memprogram dengan menyusun blok-blok berisi perintah (disebut blocks) seperti bergerak, bersuara, atau berinteraksi ketika suatu tombol keyboard ditekan.

Pada Game yang saya buat ini adalah game yang bertemakan fighting atau pertarungan, dimanapertarungan ini antara super dengan hantu. Game ini sangat mudah untuk dimainkan tidak rumit dalam memainkannya, dan game ini sesuai untuk semua umur dan diutamakan untuk anak-anak karena anak-anak umumnya suka game action. Game ini menceritakan seorang super yang membasmi kejahatan dengan melawan hantu, si hantu sangat meresahkan warga, pada kondisi ini si hantu akan menghadapi si super ini di suatu tempat, si super ini memiliki keahlian dalam menggunakan tongkat, jurus ring putih dan semburan. Pada game ini rule nya adalah si Naga super harus memenangi pertarungan dengan si hantu.

3. Tujuan Project
  • Sebagai refreshing otak. 
  • Game untuk semua usia. 
  • Membuat anak-anak senang, umumnya anak-anak suka game. 
  • Membuat penasaran.
4. Fitur Aplikasi
  • Memiliki background yang bersahabat dengan mata. 
  • Simple. 
  • Terdapat papan health/life di bagian pojok kiri atas. 
  • Memiliki papan penunjuk life lawan di pojok kanan atas. 
  • Jika kalah akan terdapat pernyataan You lose. 
  • Jika menang akan terdapat pernyataan You win. 
  • Terdapat suara-suara action.
5. Rancangan Permainan
Pada game yang menjadi project saya, saya menggunakan genre action dengan subgenre nya adalah game fighting. Berikut pengertian dari game action dan subgenre fighting.


  • Game action adalah nama lain dari Permainan aksi (Action games) memerlukan pemain untuk menggunakan refleks, akurasi, dan waktu yang tepat untuk menyelesaikan sebuah tantangan. Ini mungkin merupakan genre dasar dari sebuah permainan, dan yang memiliki permainan terbanyak. Dalam permainan aksi, biasanya terdapat pertempuran. Terdapat banyak sub-genre dari permainan aksi, seperti Fighting games dan First-person shooter.
  • Game fighting adalah jenis action game di mana pada layar karakter saling menyerang. Permainan ini biasanya fitur khusus bergerak yang dipicu menggunakan urutan cepat menekan tombol atau gerakan joystick. Permainan tradisional menunjukkan pejuang dari pandangan samping, bahkan sebagai genre itu telah berkembang dari dua dimensi (2D) untuk grafis tiga dimensi (3D). Game fighting biasanya melibatkan tangan ke tangan pertempuran, tetapi juga akan menampilkan senjata jarak dekat.

Game yaitu antara si naga super dan si casper, disini pengguna mengunakan character si naga super dan lawannya adalah CPU yaitu si casper. Si casper memiliki ability berupa fireball dan si naga super memiliki ability berupa pelindung cahaya putih, tongat magic, dan semburan api. Pada game ini di rancang dengan enemy yang memilik HP sebanyak 3000 point, dan point itu akan berkurang sebanyak 100 apabila si naga menyerang baik dengan semburan api atau yang lainnya. Pada si naga super ini memiliki HP yang berbentuk bar atau batangan, yang akan berkurang sedikit demi sedikit apabila di serang atau terkena serangan dari si casper. Game di rancang dengan mode action yang artinya setiap karakter akan menyerang satu sama lain, dengan goal nya yaitu character akan menang apabila mampu menghabiskan HP dari lawannya, dan akan kalah apabila character kehabisan HP.

6. Rancangan Tampilan
Game ini menggunakan tampilan yang sederhana dan simple, pada game ini terdapat background berupa ruang kelas dengan bagian belakangnya terdapat papan tulis, pada game ini di bagian atas kiri terdapat bar berwarna kuning yang menunjukkan HP dari si naga super, dan pada bagian kanan atas terdapat HP dari si casper berupa angka 3000, dan sebuah icon hantu berwarna kuning yang akan hilang warna kuningnya pada kondisi HP tertentu. Dan karater sendiri menggunakan seekor naga berwarna hijau, dan si casper berbentuk seperti hantu berwarna putih.

Game ini cocok untuk anak-anak tetapi dapat juga dimainkan oleh selain anak-anak, umumnya anak-anak suka dengan game action berupa game fighting. Game ini juga di rancang agar mudah dalam memainkannya, untuk menggerakan Character utama hanya dengan menekan tombol panah kiri, kanan, dan atas. Dan untuk melakukan penyerangan dengan menekan tombol angka 1 untuk memunculkan jurus ring putih, tombol angka 2 untuk jurus melempar tongkat magic, dan tombol angka 3 untuk mengeluarkan semburan. Dan terdapat kondisi pada game ini yaitu, jika main character kalah akan muncul “You Lose” dan jika menang akan muncul “You Win”.

7. Screenshoot Aplikasi





8. Test Aplikasi


9. Penutup

Program scratch merupakan bahasa pemprograman baru yang membantu anak-anak dalam membuat cerita interaktif, animasi, dan game. Scratch adalah sebuah bahasa pemrograman untuk lingkungan belajar yang memungkinkan pemula untuk mendapatkan hasil tanpa harus belajar menulis sintaksis yang benar terlebih dahulu. Pada program scratch kita dapat membuat game sederhana dengan menggunakan script yang sederhana pula. Pada game ini tujuannya dibuat untuk menghilangkan penat atau refreshing otak sehingga game sebenarnya sangat berguna untuk menghilangkan rasa lelah yang otak kita alami. Pada game ini sangat asyik untuk dimainkan oleh anak-anak karena bersifat action dan umumnya anak-anak sangat suka yang namanya game berantem-beranteman.

10. Kesimpulan
Permainan atau game merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok). Game bertujuan sebagai penghilang penat dalam pikiran atau sebagai refresh untuk otak ketika selesai melakukan kegiatan yang membutuhkan banyak pemikiran.

Game action adalah game yang memerlukan pemain untuk menggunakan refleks, akurasi, dan waktu yang tepat untuk menyelesaikan sebuah tantangan. Dan dalam game ini ber subgenre fighting, game fighting adalah jenis action game di mana pada layar karakter saling menyerang. Permainan ini biasanya fitur khusus bergerak yang dipicu menggunakan urutan cepat menekan tombol atau gerakan joystick.

Kesimpulanya adalah game dapat membantu menghilangkan kepenatan seseorang, game terdiri berbagai jenis genre diantaranya RPG, Action, dll. dan juga terdapat sub genre yaitu misalnya game action memeliki subgenre fighting. Bermain game itu asik dan menyenangkan dan game ini dibuat untuk membuat pemainnya senang dan berusaha untuk memenangkan pertarungan. Ingat dalam main game harus ingat waktu agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.


Untuk Mendownload gamenya silahkan Klik >> Download << dan anda akan ditujukan ke link downloadnya.

0 comments:

Post a Comment