Monday 20 October 2014

Pengertian Design Pemodelan Grafik dan Contoh Pengaplikasiannya

A. Sejarah Singkat Perkembangan Pemodelan Grafis

a. Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan.

b. Aloys Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak Lithografi. Teknik inimemungkinkan untuk melakukan penggambaran secara lebih leluasa dalam bentuk blok-blok serta ukuran besar.

c. Pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing dengan memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D.

Dibawah ini saya definisikan Design Pemodelan Grafis.


B. Pengertian Design Pemodelan Grafik

Design pemodelan grafik berasal dari 3 gabungan kata, yaitu design, model, dan grafik.

Pengertian design adalah seni, arsitektur yang bersifat kreatif yang diciptakan seseorang untuk mencapai kepuasan dalam berkarya. Design dapat diartikan pula sebagai suatu kerangka atau bentuk dari rancangan oleh seseoran untuk membuat bentuk seni yang memilik nilai keindahan tinggi.

Model adalah sesuatu contoh yang akan dibuat atau dirancang, atau sebuah karya yang diperagakan atau dipakai oleh seseorang untuk menampilkan dari bentuk sesungguhnya seni/benda tersebut.

Grafik adalah sebuah bentuk yang digambarkan oleh symbol-simbol berupa titik, garis yang saling terhubung yang menggambarkan kesimpulan dari suatu data. Grafik bisa disebut juga dengan suatu manipulasi model dan citra.

Dari definisi ke-3 kata diatas dapat ditarik kesimpulan, Design Pemodelan Grafik adalah Suatu proses penciptaan suatu karya seni dengan langkah-langkah membuat, menyimpan, dan memanipulasi karya seni tersebut dengan bantuan software-software baik yang freeware maupun berbayar.



C. 2 Unsur Paling berpengaruh dalam Pemodelan grafis

1. Kebudayaan

Budaya sangat kental dengan sebuah karya seni karena, banyak budaya-budaya contohnya di Indonesia yang budayanya sangat berkaitan erat dengan seni lukis contohnya sebuah kain batik, kain batik memiliki nilai seni yang tinggi, diantaranya nilai seni tinggi berasal dari motif dan cara pembuatannya, jika batik itu dibuat dengan ditulis atau bisa disebut dengan batik tulis itu memiliki nilai seni tinggi karena dibuat dari tangan-tangan yang bernilai seni tinggi. Dan banyak hal lagi yang sangat berkaitan dengan kebudayaan.

2. Teknologi

Sebagaimana zaman sekarang yang sangat erat dengan perkembangan teknologi, teknologi sangat bermain dalam hal pembuatan design, dalam pembuatan suatu design teknologi sangat dibutuhkan kareana memudahkan dalam pembuatan dan hasil output design terebut sangat mirip dengan aslinya.

Begitu eratnya teknologi dalam pembuatan design sampai para designer sangat bergantung karena sangat memudahkan, contohnya jika terjadi kesalahan maka tidak usah memulai dari awal lagi pembuatan design tersebut hanya tinggal melakukan undo atau erase sudah sangat berpengaruh karena dapat menghemat waktu dalam membuat design. Begitulah zaman sekarang semuanya berkaitan dengan teknologi.

D. Software

Dalam Design pemodelan grafik software sangat dibutuhkan untuk memudahkan dalam proses pembuatan design pemodelan grafk. Dalam design pemodelan grafis dibagi menjadi 2 macam yaitu design 2D dan 3D. Berikut ini adalah software yang digunakan dalam desain pemodelan grafik 2D maupun 3D diantaranya:

1. Software 2D:

a. Macromedia Flash
b. CoRETAS
c. Corel R.A.V.E.
d. After Effects
e. Moho
f. CreaToon
g. ToonBoom
h. Autodesk Animaton


2. Software 3D:

a. Blender
b. 3D max
c. Maya
d. Maxon Cinema 4 D
e. LightWave
f. Softlmage
g. Poser
h. Motion Builder
i. Hash Animation Master
j. Wings 3D
k. Carrara
l. Infini-D
m. Canoma



E. Contoh Design Pemodelan Grafik





Brosur diatas adalah satu dari sekian banyak contoh dari penerapan design pemodelan grafis, pada brosur tersebut diatas terdiri dari kombinasi warna dan gambar yang dibuat semenarik mungkin agar menarik perhatian orang-orang. Pada brosur diatas juga dibuat dengan mementingkan tujuan dari pembuatan acara yang akan diadakan. Contohnya pada brosur diatas temanya adalah cosplay one piece yaitu ditujukan untuk semua orang terutama penggemar anime one piece. Dibuat dengan menambahkan gambar tokoh one piece. Itulah salah satu contoh penerapan Design Pemodelan Grafis.

Sumber:

0 comments:

Post a Comment